16/03/10

Kaspersky Anti Virus 6.0

Vendor asal Rusia, Kaspersky, baru-baru ini meluncurkan solusi keamanan komplet bagi pengguna kelas enterprise. Namanya Kaspersky Open Space Security (KOSS) Release 2. Paket ini berisi benteng perlindungan lengkap terhadap serangan malware dan cybercrime yang merajalela saat ini.
Dikelola melalui Kaspersky Administration Kit 8.0, KOSS R2 mampu melayani berbagai perangkat sekaligus, meliputi file server, workstation, mobile phone, mail server, sampai internet gateway. Dukungan sistem operasi juga tidak hanya kepada Windows, tetapi juga Linux dan Mac OS.
Sistem keamanan KOSS R2 ditujukan untuk pemakaian korporat sehingga dalam instalasinya, dibutuhkan banyak komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Tentunya dalam jaringan tersebut, harus ada yang berperan sebagai server dan client. Kali ini, baru salah satu komponen dalam KOSS R2 yaitu Kaspersky Anti Virus 6.0 for Windows Workstations yang dapat kami jajal beberapa feature utamanya. 

Produk asuhan Eugene Kaspersky ini menyediakan pengamanan yang cukup lengkap meskipun hanya menamakan dirinya antivirus. Tidak percaya? Lihat saja tiga jenis pengamanan virus yang disediakannya. Ada File Anti Virus, Mail Anti Virus, dan Web Anti Virus. Masing-masing didesain agar bisa bekerja sesuai fungsi yang dimaksud. Mail Anti Virus misalnya, dapat dengan baik mencegah beragam virus yang disisipkan lewat e-mail dan otomatis menghapusnya jika dianggap sangat berbahaya. Lain lagi dengan Web Anti Virus yang mampu menelusuri setiap alamat Web yang dikunjungi pengguna sekaligus memberikan informasi apabila website yang dibuka mengandung “benda” berbahaya.
***
Fasilitas standar yang aktif saat aplikasi ini terpasang menurut kami sudah cukup baik untuk melindungi PC dari beragam serangan. Itu berarti pengguna awam dan Anda yang tidak ingin berurusan dengan setelan software yang rumit pun pas menggunakan Kaspersky Anti Virus versi ini. Kekurangan yang kami temukan di Kaspersky adalah ketiadaan dukungan pengaman untuk program klien email non-Outlook. (Brama Setyadi) 

Anti Hacker
Jika fasilitas antivirus di Kaspersky cukup lengkap, begitu pula dengan pengamanan jaringannya. Dari pengalaman menggunakan aplikasi ini, PC kami selalu mendapat laporan serangan dari PC lain. Padahal PC yang dilindungi Kaspersky ini hanya terhubung ke jaringan lokal. Ini menandakan meskipun dalam zona terpercaya, Kaspersky tetap waspada terhadap data yang dikirim ke PC yang dilindunginya. Dapat dibayangkan jika PC langsung terhubung ke internet. Mungkin laporan yang diberikan akan lebih padat.


Application Activity Analyzer
Fasilitas lain yang juga ikut memperkuat fasilitas Anti Hacker di atas adalah Application Activity Analyzer. Jika Anti Hacker bekerja di tingkat jaringan, fasilitas yang ini justru bekerja memeriksa semua aplikasi yang sedang atau akan bekerja di PC. Setiap aplikasi yang terbukti memiliki aktivitas berbahaya akan langsung dihentikan dan dimasukkan ke dalam wadah karantina milik Kaspersky. Fasilitas ini sebenarnya sangat membantu pengguna yang sering memasang aplikasi di PC-nya. Sayang beberapa aplikasi, utamanya yang terkait dengan pemprograman, sedikit bermasalah dengan fasilitas yang satu ini.

Device Control
Perlindungan yang disediakan Kaspersky tidak melulu terkait dengan perangkat lunak dan data. Buktinya, tersedia fasilitas khusus untuk mengontrol penggunaan hardware luar agar tidak membahayakan PC. Namanya Device Control. Dengan ini, Anda bisa memblokir beragam hardware tambahan yang tersambung ke PC, seperti: USB, printer, modem, harddisk eksternal, PCMCIA, peranti Bluetooth, peranti Firewire, dan masih banyak lagi. Intinya hampir semua perangkat input di PC bisa dibatasi agar tidak disusupi malware.





Plus    : Fasilitas lengkap, feature proteksi untuk hardware, penggunaan mudah
Minus: Pengaman e-mail hanya mendukung Outlook

Skor Penilaian
Penggunaan   : 4
Kinerja           : 3,75
Fasilitas          : 3,75
Harga             : 4
Skor Total      : 3,85

Kapersky Anti Virus 6.0
Fungsi               : Antivirus
Persyaratan       : Windows XP/Vista/7
Website             : www.kaspersky.com/release2
Harga Lisensi    : Rp. 220.000 (paket KOSS R2)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blog Kata Hatiku Copyright http://embesmarketing.blogspot.com© 2009 Trik Komputer|internet tips|internet marketing